Mengenal Harian Haluan Padang, Media informasi terpercaya asal Padang
Mengenal Harian Haluan Padang, Media informasi terpercaya asal Padang

Mengenal Harian Haluan Padang, Media informasi terpercaya asal Padang

Posted on

Mengenal Harian Haluan Padang, Media informasi terpercaya asal Padang – Harian Haluan merupakan surat kabar pertama yang ada di Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Surat kabar ini diterbitkan oleh PT Haluan Media Group Sumbar yang dipimpin oleh direktur presiden bernama Brian Putra Bastara.

Harian Haluan Padang

Harian Haluan merupakan salah satu dari sembilan koran tertua di Indonesia yang lahir pasca kemerdekaan RI. Surat kabar ini terbit pertama kali di Bukittinggi pada tahun 1948. Di mana, pada saat itu kota tersebut memiliki posisi yang sangat penting dalam perjuangan semasa Perang Kemerdekaan (1945-1949). Pendirinya adalah almarhum H. Kasoema bersama rekan-rekannya.

Selain Haluan, Koran atau surat kabar tua lainnya di Indonesia yang masih eksis hingga saat ini di antaranya yaitu surat kabar Waspada yang terbit sejak 1947 di Medan, Kedaulatan Rakyat yang terbit tahun 1945 di Jogja, Pedoman Rakyat terbit tahun 1949 di Makassar, serta Koran Suara Merdeka yang terbit tahun 1950 di Semarang. Sebagian lain seperti Harian Merdeka (Jakarta) dan Surabaya Post (Surabaya) sudah tidak diterbitkan.

Harian Haluan Padang pernah jaya pada era tahun 1980 hingga tahun 1990-an. Wilayah edarnya tidak hanya sekitar wilayah Sumatera Barat saja, tetapi juga sampai ke Riau, Jambi, Bengkulu, bahkan hingga ke Jakarta.

Pada masa jaya ini, hampir tidak ada warga yang tidak mengenal Haluan sebagai koran nomor satu di Ranah Minang. Kala itu, nama Haluan sangat diidentikkan dengan koran atau surat kabar. Tercatat nama-nama jurnalis terkenal yang ikut mengawalinya saat itu, di antaranya yaitu; , Sjafri Segeh, A. Pasni Sata, Rivai Marlaut, M. Joesfik Helmy, Chairul Harun, dan yang lainnya. Generasi berikutnya muncul generasi Darman Moenir, Masri Marjan, Beny Aziz, Nasrul Djalal dan dan yang lainnya.

Pertumbuhan harian haluan Padang

Zaman pun telah berganti. Di awal tahun 2000-an, setelah era reformasi, media tumbuh bak cendawan pada musim hujan. Bisnis di bidang surat kabar semakin kompetitif. Tidak hanya untuk beradu produk, tapi cenderung terjadi perang marketing yang menyebabkan para pebisnis surat kabar beradu gesit dan kreativitas.

Setelah tahun 2005 berlalu dan menuju tahun 2010, pergerakkan Hairan Haluan Padang semakin melambat. Penampilan dan kualitas cetaknya jauh tertinggal dari Koran lainnya.

Selain itu, isinya juga tidak lagi dikelola dengan baik dan semakin tergerus oplahnya. Iklan di surat kabar ini juga tak lagi banyak seperti dulu. Akhirnya, surat kabar ini hanya bisa hidup tanpa tumbuh dengan baik.

Dalam posisiĀ  pada titik napadar itulah, Basko Group mengambil alih pengelolaan Haluan melalui PT Haluan Sumbar Manpadari. Cetak, perwajahan, dan isi Haluan pada bawah manajemen baru, padabenahi. Halamannya padatambah. Pemasaran padatingkatkan.

Dimulai awal November 2010, surat kabar ini tampil dengan manajemen dan kepemilikan yang baru. Desainnya juga baru dengan warna (full-colour). Surat kabar ini juga diperkuat dengan adanya website.

Saat ini, Haluan dimiliki oleh H. Basrizal Koto dari Basko Group. Basrizal Koto juga memiliki dua surat kabar harian lainnya, yaitu Haluan Kepri di Batam dan Haluan Riau di Pekanbaru. Moto pada bawah logo Harian Haluan tertera; Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat.

Memasuki tahun keenam pada bawah pengelolaan Basko Group, Haluan mulai menggeliat lagi. Kini oplah surat kabar ini mulai tumbuh. Di samping itu, mitra maupun relasinya juga semakin luas.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Harian Haluan Padang, media informasi terpercaya di Ranah Minang. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *